Jumat, 10 Mei 2013

contoh bisnis plan kewirausahaan



1.       VISI DAN MISI
Visi
Kepuasan konsumen adalah harapan kami
Misi
1.    Selalu memberikan pelayanan prima terhadap pembeli atau pelanggan.
2.    Memotivasi kelompok agar selalu dapat bekerja secara maksimal
3.    Mencari informasi tentang perkembangan terbaru.

2.       RINGKASAN EKSEKUTIF
Aisyah nur yuriarti, Pratamawati ayuningtyas, Khoirotul Mas’ ula, Qolbin hanif, Ramadani adalah calon wirausaha yang bergerak di bidang bisnis asesoris, rasa ingin tahu dan rasa ingin menjadi wirausaha sukses lah yang mendorang untuk melakukan bisnis ini. Kami sudah merintis usaha ini sejak 3bulan terakhir ini.
Bisnis ”pernak pernik” asesoris ini melayani pemesanan dan penjualan asesoris, ”pernak – pernik” asesoris ini memberika pelayanan prima terhadap pembeli serta selalu menerima kritik dan saran dari pelanggan. Dan selalu menunjukan sikap kerjasama yang baik demi melancarkan usaha ini.

3.       BISNIS
Kekuatan
Kekuatan    dapat ditemukan pada pelayanan yang selalu menerapkan pelayanan prima kepada pelanggan sehingga pelanggan maupun konsumen baru merasa nyaman.
Banyaknya relasi atu teman kerja di ”pernak pernik” asesoris selalu dapat mengikuti perkembangan teknologi dan menciptakan kekompakan, kerja sama yang baik di antara kami.

Kelemahan
Kelemahan utama adalah banyaknya pesaing di bidang ini sehingga kami harus memiliki strategi bersaing yang handal. Olek karena itu kekompakan adalah salah satu kuncinya.
Dan untuk menutupi kelemahan tersebut ”pernak – pernik” asesoris memberikan kredit selama 10 hari untuk pelanggan lokal (area kampus).

Penjelasan Bisnis
“Pernak – pernik ” asesoris merupakan bisnis asesoris yang mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjual pruduk – produk yang berkualitas baik dan dengan desain- desain, corak , motif serta model- model terbaru.

STRUKTUR ORGANISASI



Dari struktur organisasi diatas masing-masing memiliki tugas dari masing-masing bagian diantaranya adalah sebagai berikut:

Ketua
·         Bertanggung jawab atas jalannya usaha
·         Mengambil kebijaksanaan umum terhadap bisnis
·         Mengadakan perencanaan umum dalam bidang organisasi usaha dan memperhatikan kerjasama atas usaha ”pernak- pernik” asesoris
·         Meminta pertanggung jawaban kepada rekan kerja atas tugasnya

Keuangan / bendahara
·         Bertanggung jawab atas pemodalan dan arus keuangan .
·         Membuat laporan pengeluaran akhir bulan .
·         Menghitung laba yang didapat.
·         Membuat laporan keluar masuknya keuangan.
Penjualan / pemasaran
·         Memasarkan produk.
·         Melayani pelanggan.
·         Mencari pelanggan.
·         Mencari titik kepuasan pelanggan.

PROSES PELAYANAN
Rounded Rectangle: Pelanggan  menanyakan harga barangRounded Rectangle: Menawarkan produkFlowchart: Alternate Process: Memasarkan produk                                                     
                                                                                                    









Flowchart: Alternate Process: Penjual mencatat transaksi pemjualan




 








4.            ASPEK PEMASARAN
Pernak- pernik ” asesoris  akan menarik pasar dari para mahasiswa dan kalangan umum di Universitas Kanjuruhan Malang.
Kondisi Pasar
Ø  Sasaran Pasar.
Adapun sasaran yang akan dijangkau adalah dearah lingkungan kampus UNIVERSITAS KANJURUHAN, dan target kedepannya meliputi wilayah-wilayah sekitar daerah tedrsebut.
Ø  Peluang Pasar.
Adapun peluang pasar dalam usaha ini cukup ada karena  berada di lingkungan mahasiswa.
Ø  Kondisi Pesaing.
Dalam hal pesaing, usaha ini termasuk banyak pesaingnya. Karena di daerah setempat banyak penjual yang membuka usaha ini. Namun kami juga mengutamakan kualitas pelayanan yang baik dan berbagai macam dan jenis asesoris saya yakin dapat menarik konsumen. Sehingga usaha ini memberikan keuntungan.

Ø  Strategi Pemasaran
Dalam memasarkan atau mengenalkan kepada konsumen ” Pernak- pernik ”asesoris  menggunakan beberapa strategi, diantaranya adalah:
1.    Membuat blog
Dalam strategi ini pembeli dapat melihat dan memesan asesoris melalui internet.
2.    Kualitas asesoris
Dalam strategi ini kami menjual asesoris berbagai jenis dengan kualitas baik.

5.        CONTOH GAMBAR- GAMBAR AKSESORIS
      

Tidak ada komentar: